Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Qolbun Salim Tidak Dimiliki oleh Seseorang

 

ciri qolbun salim

Ciri Qolbun Salim Tidak Dimiliki

oleh Seseorang

(Oleh : Dr.H.Sukarmawan,M.Pd.)

Seseorang yang senantiasa dengan Allah Subhanahu Wa Ta'ala selalu terlihat ciri qolbun Salim pada dirinya ketika menjalani kehidupan sehari-hari. Lalu bagaimana ciri-ciri mereka yang justru tidak memiliki qolbun Salim dalam diri.

Qolbun Salim merupakan sikap spiritual ajaran Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, sehingga kedamaian saja biasa ada pada diri. Tentunya, siapapun akan selalu merasa cukup begitu qolbun Salim ini dipelajari.

Qolbun Salim berasal dari bahasa Arab dengan arti hati yang bersih dan syukur. Bagi Anda yang mencintai Islam tentu membersihkan hati merupakan salah satu perintah, di mana hal tersebut sebenarnya tidaklah terlalu sulit diikuti.

Manfaat apabila hati Anda sudah bersih cukuplah besar, setiap hari hidup akan terasa lebih damai tanpa adanya rasa cemas. Kecemasan-kecemasan ini biasanya sering datang tanpa alasan apabila qolbun Salim tidak ada pada dirinya.

Hati yang bersih juga memberikan manfaat positif terhadap tubuh seseorang yaitu memberikan pengaruh sehat terhadap fisik dan juga pikiran. Hal itu dikarenakan adanya rasa aman dalam menjalani hidup yang diberikan saat ini.

Ciri Qolbun Salim Tidak Melekat pada Diri Manusia

Bagi mereka yang jauh dari kata qolbun Salim di dalam dirinya cukup terlihat apabila Anda telah mengenali ciri-cirinya. Jadi, Apa mungkin justru qolbun Salim jauh dari orang terdekat maupun diri Anda sendiri? perhatikan berikut ini.

Ciri qolbun salim jauh dari diri manusia yaitu biasanya mereka sering kali ingin selalu terlihat lebih unggul dari manusia-manusia lainnya. Namun, pada kenyataannya hal tersebut ada dalam perasaan saja (tidak nyata).

Sementara sifat merasa lebih baik dari makhluk lain merupakan dosa yang dilakukan oleh iblis karena tidak berkenan untuk bersujud kepada Adam as. Hal tersebut dikarenakan adanya hati yang keruh di dalam diri.

Apabila Anda merasa sering kali mudah marah tanpa sebab tertentu atau ketika melihat sesuatu yang tidak berhubungan dengan dirinya, maka perlu berhati-hati. Bisa jadi hal ini terjadi dikarenakan jauhnya qolbun salim di diri Anda.

Kemarin-kemarin semacam itu biasanya dikarenakan sulit untuk merasakan tenang apabila melihat orang lain sedang berbahagia. Kecemburuan semacam ini justru hanya memberikan sifat negatif bagi seseorang dalam menjalani kehidupan.

Selain itu, ciri qolbun Salim jauh dari diri manusia yaitu seringkali membicarakan tentang keburukan orang lain. Padahal, apa yang dilakukan orang lain tidaklah mempengaruhi hidup Anda di dalam keseharian.

Apabila harus semacam ini terjadi sebaiknya sering-seringlah melakukan ibadah dan juga senantiasa merasa syukur atas pencapaian-pencapaian yang di dalam hidup. Dengan begitu, qolbun Salim akan selalu melekat pada diri Insan.

Hati yang Keruh Menjadi Sumber Masalah

Banyak sumber masalah apabila ciri qolbun Salim ini ada pada diri manusia ketika menjalani kehidupan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui sumber masalah seperti apa saja apabila Hati jauh dari kata bersih di dalam diri kita.

Salah satu sumber masalah ketika hal tersebut sampai terjadi yaitu seseorang akan sering merasa khawatir terhadap segala sesuatunya. Seolah-olah dirinya merasa terancam dengan orang-orang sekitar atau lingkungan masyarakat.

Ancaman-ancaman tersebut misalnya saja seperti khawatir untuk dikatakan miskin, bodoh, dan lain sebagainya. Apabila hal semacam ini sering kali dirasakan oleh seorang manusia tentunya tidak memberikan kenyamanan sama sekali.

Sedangkan sebenarnya hal tersebut berasal dari diri seseorang itu sendiri. Di sisi lain, Anda juga akan selalu merasa jauh dari lingkungan masyarakat karena orang lain setelah mengetahui sifat Anda merasa kurang nyaman apabila ciri qolbun salim tidak dimiliki.

Posting Komentar untuk "Ciri Qolbun Salim Tidak Dimiliki oleh Seseorang"