Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Anda Termasuk Pada Ciri Hati yang Bersih ?

 

BERSIHKAH HATI ANDA

Apakah Anda Termasuk Pada Ciri Hati

yang Bersih ?

(Oleh : Dr.H.Sukarmawan,M.Pd.)

Ciri hati yang bersih hanya terdapat pada orang orang tertentu saja yang dipilih oleh Allah swt. Untuk itu siapkan diri Anda untuk mengetahui beberapa ciri memiliki jiwa berhati suci.

Berbagai permasalahan yang ada pada diri manusia, tentunya itu semua adalah hal wajar. Karena setiap orang pasti memiliki masalahnya masing masing. Tentunya dari setiap persoalan ada sebuah jawaban untuk menyelesaikannya.

Sekilas Menjelaskan Tentang Definisi Hati yang Suci

Ciri hati yang bersih salah satunya adalah tenang ketika tertimpa musibah atau masalah. Walaupun itu berat, tetapi selalu tabah dalam menghadapinya. Mereka selalu mengutamakan keikhlasan dalam menerima berbagai ujian.

Allah SWT memberikan ujian kepada hambanya, itu karena Allah SWT tahu. Bahwa, orang tersebut bisa menjalaninya. Jika, Anda mengalami ujian, maka yakinkanlah bahwa itu semua dapat dilewati dengan mudah.

Untuk mendapatkan suatu ciri hati yang bersih, tentunya harus merasakan berbagai kepedihan dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Oleh karena itu tidak sembarang orang itu termasuk pada kategori ikhlas atau menerima dengan lapang dada.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa tingkatan ikhlas. Di antaranya adalah ikhlas karena tujuan tertentu, tetapi dengan cara sesuai syariat. Kemudian ikhlas murni karena Allah SWT. Jangan langsung beranggapan bahwa dia itu salah.

Jika Anda pernah mendengarkan kisah nabi Muhammad SAW. Tentunya ciri hati yang bersih ini terdapat pada beliau. Karena berbagai cobaan dalam mendakwahkan agama islam sangat perih. Bahkan pernah dilempari oleh kotoran hewan.

Tentunya menjadi jiwa yang penuh dengan energi positif tanpa adanya pikiran negatif atau berburuk sangka pada orang sangatlah sulit. Tetapi, jika ada keinginan kuat untuk menjadi lebih baik. Maka, itu semua akan mudah terlewati.

Ciri hati yang bersih dapat dipelajari diberbagai tempat ngaji atau majelis ilmu. Dengan memahami apa arti hidup sebenarnya. Maka, secara tidak langsung Anda akan merasakan jiwa yang bersih tanpa adanya kemurkaan pada orang lain.

Berikut Adalah Ciri Ciri Hati yang Bersih

Sebagai seorang muslim wajib mengetahui apa saja ciri ciri hati yang suci. Untuk mengetahui itu semua harus mencari ilmu dengan guru yang benar dan jelas ajarannya.

Pada intinya mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Bayangkan saja jika tidak mencari ilmu, padahal sedang tidak melakukan apa apa atau melakukan kegiatan yang mengandung maksiat. Itu dosa hukumnya. Karena perkara wajib ditinggalkan secara sengaja.

Berikut adalah ciri dari hati yang bersih. Membuat Anda ingin menjadi seorang muslim sejati. Manfaatnya sangat banyak diantaranya adalah selalu merasakan ketenangan dalam menjalani hidup.

1.    Takut Kepada Allah Swt

Hal pertama yang perlu diketahui adalah takut kepada Allah SWT. Hal ini dapat dijadikan ciri. Bahwa, ia adalah seorang pemilik hati bersih.

Ketika seseorang melakukan suatu kesalahan atau akan melakukannya, biasanya ia akan merasakan penyesalan yang luar biasa. Untuk itu dari perlakuan diatas dapat termasuk kedalam kategori ciri hati yang bersih.

2.    Selalu Bertakwa

Bahwa seorang hamba dituntut untuk bertakwa kepada Allah SWT. Sesuai dengan perintahnya dalam Qs.Ad-dzariyat ayat 56, artinya bahwa aku tidak akan menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaku.

Untuk itu jika salah satu ciri hati yang bersih itu bertakwa, ada kemungkinan Anda juga termasuk pada kategori ini.

3.    Menjaga Iman

Sebagai seorang muslim tentunya banyak sekali rintangan yang dilalui dalam menjalankan syariat islam. Oleh karena itu, sangat diharuskan untuk mencari kajian kajian agama islam. Tujuannya adalah untuk mengisi ulang daya iman.

4.    Selalu Merasa Diawasi

Jika Anda selalu merasa diawasi oleh sang pencipta saat melakukan aktifitas apapaun. Sehingga sangat berhati hati dalam menjaga aturan Allah. Misalnya sedang melihat film, tetapi ada salah satu aktor tidak menutupi aurat. Maka, otomatis langsung menutup mata.

Banyak sekali ciri ciri seorang muslim sesungguhnya. Tentunya itu semua memerlukan kesabaran dan tekad keinginan yang kuat. Itu semua termasuk pada ciri hati yang bersih.

Posting Komentar untuk "Apakah Anda Termasuk Pada Ciri Hati yang Bersih ?"