Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Subhanallah, Ternyata Suara Bacaan Ayat Alqur’an Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Benih Tanaman

 

PENGARUH SUARA LANTUNAN AYAT-AYAT ALQUR'AN

Subhanallah, Ternyata Suara Bacaan Ayat Alqur’an Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Benih Tanaman

(Oleh: Dr.Sukarmawan,M.Pd.)

Dalam sebuah Tesis Mahasiswa  Program Pasca Sarjana Ilmu Agama Islam Program Studi Aqidah dan Filsafat Konsentrasi Studi Qur’an dan Hadis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2018  terdapat sebuah judul Tesis “PENGARUH SUARA BACAAN AYAT ALQUR’AN TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH TANAMAN SAWI HIJAU (BRASSICA JUNCEA L)”  Tesis ini ditulis Oleh: Yeti Dahliana. Tesis yang diajukan kepada Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh Gelar Magister dalam Ilmu Agama Islam Program Studi Aqidah dan Filsafat Konsentrasi Studi Qur’an dan Hadis ini bagi saya sangat menarik untuk diulas dalam artikel keislaman pada blog gudanginspirasi.com ini. Mengapa Penulis tertarik untuk mengulas Tesis ini? Karena Tesis ini tampaknya memunculkan paradigma integrasi-interkoneksi dalam bingkai Islamic Studies yang akan menjadi titik tolak dalam upaya menciptakan harmonisasi ilmu pengetahuan umum (science) dengan ilmu agama (khususnya Islam).

Paradigma integrasi-interkoneksi dalam penelitian (Tesis) ini tentunya dapat membuka cakrawala baru dalam Study Islam (Islamic Studies) yang selama ini terkesan masih terkurungatau terkungkung dalam normativitas dan sakralitas teks (khususnya al-Qur’an) sehingga diharapkan ke depannya nanti akan mampu melahirkan generasi muda Islam yang lebih terbuka serta memiliki pengetahuan keislaman yang luas sekaligus tampil menjadi ilmuan dalam bidangnya masing-masing. Dengan kedua paradigma tersebut diharapkan ketegangan dan jurang pemisah (dikotomi) antara keilmuan keislaman dengan keilmuan umum dapat segera diatasi melalui integrasi yang harmonis. Dalam dunia penafsiran, paradigma ini dipandang dapat membantu kaum muslimin untuk menguak berbagai rahasia di balik ayat-ayat yang tertuang di dalam Kitab Suci al-Qur’an khususnya yang berbicara tentang pesan ilmiah. Ayat-ayat kauniyah semakin dapat dipahami seiring dengan bukti ilmiah yang dicapai oleh ilmu pengetahuan.

Patut kiranya kita akui dan haruslah kita sadari bahwa al-Qur’an yang merupakan bukti kebenaran Nabi Muhammad SAW sekaligus petunjuk untuk umat manusia. Sungguh pada Kitab Suci Alqur’an, kapan pun dan dimana pun, selalu memiliki berbagai keistimewaan.  Diantara keistimewaan al-Qur’an bahwa ia merupakan kitab yang bersifat i’jaz (melemahkan dan meyakinkan para penentangnya). Sesunguhnya dalam Kitab Suci Alqur’an, Allah SWT telah menjadikannya sebagai tanda kekuasaan terbesar dan mukjizat teragung bagi pemungkas rasul-rasulNya, Muhammad SAW. Bahkan, Allah menjadikannya tanda kebesaran satu-satunya yang bersifat menantang hamba-hamba-Nya untuk terus melakukan kajian atau tela’ah terkait dengan kandungan ilmiah di dalamnya.

Sifat kemukjizatan al-Qur’an ini merupakan objek kajian yang luas, yang telah dan selalu dikaji oleh orang-orang sejak zaman dulu hingga sekarang. Kitab Suci al-Qur’an senantiasa mendorong manusia untuk mempelajari sistem dan skema penciptaan, keajaiban dan seluruh tanda kekuasaan Allah di alam, merenung dan berfikir menggunakan nalar untuk menemukan dan mengungkap rahasia-rahasia alam. Hal inilah yang tampaknya telah memotivasi Yeti Dahliana untuk melakukan penelitian dalam penulisan Tesisnya.

Dalam penelitian ini, Peneliti,  Yeti Dahliana,  hendak mengkaji bagaimana paparan suara bacaan ayat al-Qur’an dapat memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan benih tanaman sawi hijau. Penelitian ini dilaksakan Yeti Dahliana pada tanggal 6 hingga19 Mei 2018 dan mengambil tempat di lahan pekarangan milik Bapak Aminudin yang terletak di desa Grojogan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Suhu harian rata-rata di lokasi (Locus) penelitian berkisar antara 25-350 C. Penelitian ini adalah penelitian laboratorium (Laboratories Research) dengan metode Rancang Acak Lengkap (RAL).

Penelitian ini menggunakan Metode Pengumpulan datanya dengan melakukan percobaan terhadap sekelompok tanaman sawi hijau. Yeti Dahliana, melakukan penelitian ini dengan tujuan penelitian untuk mengetahui efek paparan suara terhadap pertumbuhan benih tanaman sawi hijau. Suara yang dipaparkan antara lain suara music klasik dan suara bacaan ayat al-Qur’an. Level suara yang digunakan berkisar antara 50-78 dB yang dimulai sejak masa perkecambahan hingga menjadi benih siap tanam (berusia 14 hari setelah semai) selama 4 jam tiap harinya dengan dibagi menjadi 2 waktu yakni pagi dan sore. Pagi harinya dimulai pada pukul 06.00-8.00 dan sore harinya pada pukul 16.00-18.00. Enam parameter yang diamati dan Variabel X diambil datanya meliputi: daya berkecambah, tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, panjang daun dan berat basah.

Dari data-data yang sudah dikumpulkan dan dianalisis oleh Peneliti, maka dapat diambil beberapa kesimpulan, sebagai berikut:

Pertama, teknologi sonic bloom yang dalam decade terakhir ini banyak dikembangkan dalam dunia pertanian adalah sebuah teknologi terobosan yang memanfaatkan frekuensi suara untuk memacu pembukaan stomata lebih lebar dan disertai penetrasi nutrisi. Dalam penelitian ini, paparan suara yang digunakan adalah suara music klasik dan suara bacaan ayat al-Qur’an. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan paparan suara bacaan ayat al-Qur’an memberikan efek terbaik bagi pertumbuhan benih tanaman sawi hijau.

Kedua, nilai signifikansi yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata dan cukup signifikan dari pemberian paparan suara bacaan ayat alQur’an apabila dibandingkan dengan paparan suara music klasik dan tanaman kontrol. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai akhir hasil penelitian yang menunjukkan bahwa suara bacaan ayat al-Qur’an meningkatkan daya berkecambah sebesar 10%, tinggi tanaman sebesar 23,34%, jumlah daun sebesar 14,81%, lebar daun sebesar 27,29%, panjang daun sebesar 39,33%, dan berat basah sebesar 35,71%.

Berdasarkan Hasil Penelitian Yeti Dahliana, menunjukkan bahwa suara bacaan ayat al-Qur’an telah meningkatkan daya berkecambah sebesar 10%, tinggi tanaman sebesar 23,34%, jumlah daun sebesar 14,81%, lebar daun sebesar 27,29%, panjang daun sebesar 39,33%, dan berat basah sebesar 35,71%. Secara umum paparan suara bacaan ayat al-Qur’an memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan benih tanaman sawi hijau.

Demikianlah ulasan Penulis terkait dengan hasil Penelitian dalam Tesis, Yeti Dahliana, Mahasiswa Calon Magister dalam Ilmu Agama Islam Program Studi Aqidah dan Filsafat Konsentrasi Studi Qur’an dan Hadis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang tentunya saat ini Beliau sudah meraih gelar Magister boleh jadi, saat ini Beliau sudah meraih gelar Magister dalam Ilmu Agama Islam Program Studi Aqidah dan Filsafat Konsentrasi Studi Qur’an dan Hadis. Saya pun ingin memberikan motivasi kepada Beliau semoga gelar Doktor di bidang Ilmu Agama Islam Program Studi Aqidah dan Filsafat Konsentrasi Studi Qur’an dan Hadis.segra diraih oleh Yeti Dahliana, atau boleh jadi gelar Doktor tersebut telah Beliau raih.Penulis pun berharap semoga hasil Penelitian ini akan memotivasi para Peneliti Muda untuk terus melakukan integrasi antara Ilmu Pengetahuan dengan Keislaman (Kandungan Ayat-Ayat dalam al-Qur'an) 

Posting Komentar untuk "Subhanallah, Ternyata Suara Bacaan Ayat Alqur’an Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Benih Tanaman"