Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hidup Bahagia Menurut Ajaran Agama Islam

 

CARA HIDUP BAHAGIA

Cara Hidup Bahagia Menurut Ajaran

Agama Islam

(Oleh : Dr.H.Sukarmawan,M.Pd.)

Cara hidup bahagia merupakan pembahasan yang paling dicari cari oleh para kaum manusia. Tujuannya adalah untuk memperoleh ketenangan dalam menjalani hidup di dunia.

Dalam berbagai pandangan hidup bahagia itu terdapat pada dalam diri sendiri. seperti menguasai emosi negatif. Tetapi, itu semua terdapat pada syariat agama islam. Siapapun dapat mempelajarinya secara mudah dan praktis.

Banyaknya kasus bunuh diri dikarenakan tidak merasakan ketenangan dalam hidupnya. Seperti para artis, padahal meraka uangnya banyak dan selalu merasakan kepuasan. Tetapi, harta itu tidak menjamin untuk mendapatkan cara hidup bahagia.

Tenang adalah hal yang memang bisa dikatakan sebagai masalah sepele. Tetapi, nyatanya banyak orang membutuhkan hal tersebut.

Ternyata Seperti Ini Cara Hidup Bahagia dalam Agama Islam

Ketika Anda mengalami keresahan pada hati. Tentunya tidak dapat menjalani aktifitas sehari hari secara lancar. Ada kemungkinan bahwa penyebabnya adalah perlakuan dosa.

Salah satu cara hidup bahagia adalah mendapatkan keberkahan dari setiap apa yang dilakukan. Artinya ialah selalu merasakan ketenangan secara terus menerus. Tidak peduli seberapa besar masalahnya.

Anda dapat membaca beberapa biografi atau sejarah kehidupan para nabi, sahabat nabi, alim ulama untuk meneladani sikapnya. Banyak sekali hikmah yang dapat diambil dan dapat dijadikan sebagai pijakan dalam menjalani hidup.

Cara hidup bahagia pada umumnya terdapat pada mental atau jiwa seseorang. Biasanya dalam islam sendiri disebut dengan ruh atau roh dalam tubuh. Tentunya membutuhkan energi untuk menjalani kehidupan didunia ini.

Jika Anda seorang muslim, maka beberapa cara ini dapat diaplikasikan untuk menunjang rasa ketenangan. Tentunya harus dijalani secara ikhlas dan penuh keinginan yang kuat.

1.    Selalu Membaca Alquran

Carah hidup bahagia yang pertama adalah selalu membaca alquran. Anda pasti pernah mendengarkan suatu murrotal merdu. Tentunya itu semua dapat menjadikan hati lebih tenang. Apalagi langsung membacanya.

Banyak sekali fadhillah atau kebaikan ketika membaca atau mendengarkan surat dalam alquran. Di antaranya adalah ketika membaca satu huruf saja pada ayat akan dibayar oleh Allah SWT dengan sepuluh kebaikan.

Tentunya sebagai muslim harus bangga. Karena semua kegiatan didunia dapat menghasilkan dan menanam benih pahala untuk dipanen di akhirat kelak. Bisa dikatakan sebagai investasi akhirat.

2.    Menerapkan Sunnah Rasulullah SAW

Cara hidup bahagia selanjutnya adalah melakukan segala sunnah baginda nabi Muhammad SAW. Ada banyak sekali manfaat yang diperoleh ketikan menerapkannya dikehidupan sehari hari. Di antaranya adalah dapat menjadi produktif dan sehat.

Ada penelitian membahas suatu benda yang suka digunakan oleh rasulullah ( siwak ) mengatakan lebih sehat dari pada sikat gigi biasa. Tentunya itu semua membuat siwak ini terkenal sebagai bahan perawatan gigi.

Pada akhirnya Anda akan merasaan ketenangan saat menggunakan sunnah rasulullah saw. Dapat juga pahala yang diperoleh.

3.    Belajar Untuk Ikhlas

Ketika Anda belajar ikhlas untuk menerima apa yang ada. Termasuk pada musibah. Tentunya akan membuat diri ini semakin kuat dan sabar dalam menjalani kehidupan.

Apapun sesuatu jika berlandaskan dengan syariat islam dan menjalankannya dengan ikhlas karena Allah SWT. Sangat dipastikan akan mengalami kehidupan yang tenang. Itu adalah salah satu cara hidup bahagia.

4.    Banyak Memberi

Ketika tangan ini sering membiasakan untuk memberi. Maka akan timbul rasa kepuasan tersendiri. Bahkan manfaat terbesarnya adalah dapat terhindar dari berbagai ancaman musibah.

Cara untuk hidup bahagia ini bisa dilakukan oleh semua manusia. Dengan memulai memberi dari hal terkecil, kemudian terus bertambah. Pada akhirnya munculah beberapa keajaiban yang datang pada kehidupan Anda.

Sebagai makhluk sosial tentunya sangat memerlukan sebuah dukungan dari siapa saja. Untuk itu ajaran islam menyediakan dan memberi cara hidup bahagia.

Posting Komentar untuk "Cara Hidup Bahagia Menurut Ajaran Agama Islam"