Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tumbuhkan Sikap Qona’ah, In syaa Allah Hidup Kita akan Berkah

 

Sikap Qona'ah

Tumbuhkan Sikap Qona’ah, In syaa Allah Hidup Kita akan Berkah

(Oleh: Dr.H.Sukarmawan,M.Pd.)

Dalam Islam, Qana’ah adalah sifat menerima atas rizki yang telah diberikan oleh Allah. Sebagai orang beriman, kita harus memiliki sifat qana’ah agar kita bisa menerima ketentuan Allah dalam masalah rezeki agar hidup kita akan menjadi berkah. Dalam kitab Ihya Ulumiddin, Imam al-Ghazali menyebutkan doa yang perlu kita baca agar kita memiliki sifat qana’ah. Lafadz doanya sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِيْ حَلاَلًا لَا تُعَاقِبْنِيْ عَلَيْهِ وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ وَاسْتَعْمِلْنِيْ بِهِ صَالِحًا تَقَبَّلْهُ مِنِّيْ اَللَّهُمَّ قَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْهِ وَأخْلُفْ عَلَيَّ كُلَّ غَائِبَةٍ لِيْ بِخَيْرٍ 

“Ya Allah, anugerahilah aku rezeki yang halal, janganlah Engkau siksa aku atas rezeki itu. Anugerahilah aku sifat mencukupkan diri (sifat qana’ah) dengan apa yang telah Engkau rezekikan padaku dan pakaikanlah aku dengan rezeki itu pada jalan yang baik dan terimalah yang baik itu daripadaku. Ya Allah, anugerahilah aku sifat qana’ah atas denga apa yang telah Engkau karuniakan padaku dan berkahilah aku dalam rezeki tersebut, dan gantilah atasku setiap sesuatu yang hilang dariku dengan yang lebih baik.”

Cara Agar Senantiasa Merasa Cukup (Qona’ah)

Ada resep yang dapat membantu agar kita selalu bersikap Qona’ah, ada satu pesan Nabi Muhammad SAW yang sangat indah: Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda,

 انْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلَا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ 

“Pandanglah orang yang berada di bawah kalian, jangan memandang yang ada di atas kalian. Hal itu lebih layak membuat kalian tidak mengingkari nikmat Allah yang ada pada kalian.” HR. Al-Bukhari (6490) dan Muslim (2963) 

Jika masalah duniawi, lihatlah kondisi orang yang keduniaan jauh berada di bawah diri kita agar kita  sadar bahwa masih banyak yang kekurangan. Jika kita selalu melihat orang yang di atas kita dalam hal duniawi maka kita akan selalu merasa kurang dan pada akhirnya kita termasuk orang yang tidak bersyukur (Kufur Nikmat). Allah swt dengan tegas telah mengingatkan orang yang kufur nikmat  sebagaimana Firman-Nya dalam Al-Qur’an Surat Ibrahim ayat 7.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Serta ingatkanlah pada Tuhammu dengan “Kenyataannya apabila kamu bersyukur maka akan Aku perbanyak (nikmat) kepada kamu, dan jika kamu memungkiri (nikmat-Ku), maka Siksa-Ku amatlah pedih” (QS. Ibrahim:7).

Jika masalah akjirat (Ukhrowi) maka lihatlah orang yang di atas kita, sehingga bisa membuat diri kita semakin terpacu untuk meningkatkan amal saleh sehingga kita akan lebih giat lagi dalam beribadah. .

Orang qona’ah sudah pasti bersyukur, tapi kalau orang bersyukur belum tentu qona’ah, karena orang qona’ah, apapun yang ia dapat selalu ia syukuri dan ridho terhadap apa yang telah Allah tetapkan.

Cara Agar Istiqomah Selalu Bersyukur Atas Nikmat Allah

Kita harus selalu mensyukuri atas rezeki yang Allah swt telah karuniakan kepada diri kita baik rezeki itu sedikit jumlahnya apalagi jika karunia rezeki itu berlimpah. Agar kita istiqomah lihatlah orang yang di bawah kita, lihat sekitar kita masih banyak orang miskin yang selalu kelaparan. Orang lain masih berpikir apakah besok dia bisa makan ? sementara diri kita yang Allah swt telah karuniakan rezeki berlimpah setiap hari berpikir besok yang enak kita makan apa ya ?   Jadikanlah itu sebagai pengingat diri kita bahwa kita ini telah memiliki banyak kenikmatan yang Allah berikan..

Apakah rasa syukur bisa dilatih? Nabi berpesan kepada kita bahwa kekayaan bukan banyaknya harta, tapi kaya itu adalah hati selalu merasa cukup. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW :

حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَابْنُ نُمَيْرٍ قَالَا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ

Zuhair bin Harb dan Ibnu Numair keduanya berkata telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Uyainah dari Abu Zinad dari Al A'raj dari Abu Hurairah ia berkata Rasulullah "Bukanlah kekayaan itu dengan banyaknya harta dunia akan tetapi kekayaan yang hakiki itu adalah kaya akan jiwa" • HR Muslim 1741, Hadits Shahih Muslim 1741, Hadits Muslim No. 174.

Demikianlah uraian singkat dari Penulis terkait sikap Qona’ah atas karunia rezeki yang telah Allah swt limpahkan kepada kita dan marilah “Tumbuhkan Sikap Qona’ah, In syaa Allah Hidup Kita akan Berkah”

Posting Komentar untuk "Tumbuhkan Sikap Qona’ah, In syaa Allah Hidup Kita akan Berkah"