Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Coba Ulangi Sekali Lagi, Sejenak Saja Renungkan Tentang Diri Anda

 

Renungkan Tentang Diri Anda

Coba Ulangi Sekali Lagi, Sejenak Saja

Renungkan Tentang Diri Anda

(Oleh: Dr.H.Sukarmawan,M.Pd.)

Coba ulangi kembali perenungan tentang diri Anda dalam waktu sejenak saja! Perhatikan hikmah Lembut dan Maha Tahunya Allah swt ketika menyusun badan, memposisikan organ-organnya, dan menyiapkannya untuk menjalankan fungsi masing-masing! Perhatikan juga bagaimana Allah swt menyediakan kantong-kantong yang berfungsi menampung dan mengumpulkan zat-zat sisa atau buangan agar tidak tersebar di badan sehingga merusak kesehatan badan. Perhatikan juga hikmah yang luar biasa dalam pertumbuhanmu, dan banyaknya organ-organ dalam tubuhmu, tanpa terjadi pemisahan.

Sekiranya seorang pemahat ingin memperbesar ukuran pada sebuah patung yang bahannya terbuat dari emas, perak atau perunggu, mungkinkah hal itu bisa dilakukannya tanpa terlebih dahulu menghancurkan patung itu dan mengolahnya lagi. Sementara itu, Allah swt menumbuhkan organ-organ tubuh Anda saat Anda masih bayi, baik organ luar maupun dalam, tanpa terjadi perubahan atau pengurangan pada bentuk tubuh Anda. Dan yang lebih menakjubkan lagi, Dia membentuk rupaAnda saat bayi di dalam rahim, tempat di mana tidak ada mata yang melihat, tak ada tangan yang menyentuh, tidak ada alat yang dapat menjangkaunya. Lalu ketika keluar, ternyata sudah berbentuk manusia utuh yang memiliki segala yang ia perlukan; seperti organ, indera, dan alat-alat lain seperti usus, urat syaraf, otot, selaput, dan tulang belulang yang beraneka bentuk, ukuran, manfaat, dan posisinya. Juga daging, lemak, dan otak dengan susunannya yang rumit dan hikmahnya yang masih terselubung.

Sungguh, semua itu telah diciptakan oleh Allah SWT, sebaik-baik Pencipta, dari setetes air yang hina. Allah swt telah berulang kali menyinggung tentang permulannya Anda diciptakan dan menyeru Anda untuk merenungkannya. Itu tidak lain karena pada diri Anda terkandung ibrah atau pelajaran. Jangan bosan karena pembahasan ini terlalu panjang dan mengandung semacam pengulangan, sebab manfaatnya besar dan Anda sangat memerlukannya. Sekarang perhatikan salah satu kelebihan dan keunggulan yang dikaruniakan-Nya kepada Anda atas hewan.

Sesungguhnya Allah swt telah menciptakan Anda dalam bentuk sedemikian rupa sehingga Anda dapat berdiri tegak, duduk dengan nyaman, dan menghadapi benda-benda dengan keseluruhan badan Anda. Oleh karenanya Anda dapat bekerja, memperbaiki, dan mengatur. Sekiranya Anda seperti hewan yang berkaki empat yang selalu menundukkan mukanya, sudah barang tentu tidak akan tampak adanya kelebihan dan keistimewaan pada diri Anda.

Pada bagian akhir dari tulisan yang singkat ini, coba sejenak saja Anda luangkan waktu dan berkaca pada penciptaan diri Anda sendiri. Simaklah firman Allah swt berikut ini:

أَوَلَمْ يَتَفَكَّرُوا فِي أَنْفُسِهِمْ

Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka? (QS : Ar Ruum ayat 8).

Renungkanlah juga firman Allah swt berikut ini:

وَفِي الْأَرْضِ آيَاتٌ لِلْمُوقِنِينَ

وَفِي أَنْفُسِكُمْ ۚ أَفَلَا تُبْصِرُونَ

Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?” (QS.Adz Dzaariyaat ayat 20-21)

Sesungguhnya manusia diciptakan oleh Allah Ta’ala semata-mata untuk mengabdi kepada-Nya, salah satu cara penghambaan seseorang kepada Rabbnya yaitu dengan melihat proses penciptaan dirinya sendiri sebagai bahan renungan dalam hidupnya, mengapa demikian? Karena seseorang tidak akan pernah kuasa untuk bisa hadir di dunia dengan kehendaknya sendiri, bahkan ia juga tidak kuasa untuk bisa menghadirkan seorang bayi yang lucu, imut, mungil lagi menggemaskan dan menentukan anak laki-laki atau perempuan untuk menjadi anaknya, karena pada hakikat penciptaan manusia   baik itu berjenis kelamin laki-laki atau perempuan dapat terjadi hanya dengan izin Allah SWT.

Posting Komentar untuk "Coba Ulangi Sekali Lagi, Sejenak Saja Renungkan Tentang Diri Anda"